Sunday, May 12, 2013

merawat oscar fish

Jika anda ingin memelihara ikan ini ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan
1. Ikan ini tergolong predator jadi sebaiknya jangan campurkan dengan jenis ikan lain karena kemungkinan bisa diserang dan dimakan, dan apabila anda campurkan dengan ikan jenis predator lain maka kemungkinan juga akan berkelahi.

2. Ikan Oscar suka hidup bergerombol dengan air yang tenang dan bersih, dan idealnya pada suhu air sekitar 26-30 Derajat Celcius. Sehingga akan lebih baik jika anda memelihara ikan Oscar lebih dari satu dan ukuran aquarium juga harus menyesuaikan.

3. Selain itu pada habitat aslinya ikan Oscar lebih suka hidup di sungai yang dasarnya berpasir batu, dan sekelilingnya terdapat akar-akar pohon. Dengan demikian anda harus menyesuaikan kondisi tersebut pada aquarium anda, pilihlah aksesoris-aksesoris aquarium yang sesuai.

4. Untuk faktor makanan, karena ikan ini adalah pemangsa maka berikan makanan yang masih hidup seperti udang kecil atau ikan kecil, dan biarkan ikan Oscar memangsanya sendiri. 




Cara peminjahan ikan Oscar.
1. Langkah pertama pilih induk yang sehat kira-kira berumur 2 tahun dan memiliki panjang sekitar 15 CM. Pemilihin indukan ini sudah harus dilakukan jauh sebelumnya ketika oscar masih berumur setengah tahun, dan caranya adalah memasukan beberapa pasang ikan Oscar kedalam bak mungkin bisa 8 ekor betina dan 8 ekor pejantan(sesuai kebutuhan anda), setelah itu biasanya ikan-ikan ini akan memilih pasangan masing-masing. Jika sudah demikian pisahkan per pasangan sampai usianya siap jadi induk.

2. Ciri-ciri induk pejantan adalah : alat kelamin lebih menonjol, badan lebih panjang. Ciri-ciri induk betina : perutnya besar apabila sudah matang, lubang kelamin lebih besar.

3. Buatlah bak kira-kira untuk per satu pasang indukan berukuran 1,5 x 1 x 0.5M. Jika sudah isi dengan air yang bersih dan jangan terlalu buru-buru dimasukan indukannya, biarkan selama satu hari terlebih dahulu setelah itu baru induk siap untuk dimasukan.

4. Berikan batu ceper yang berwarna gelap pada setiap kolom dan bagian atas ditutup namun jangan seluruhnya.

5. Biasanya ikan Oscar akan peminjahan dikala siang dan sore dan akan langsung dibuahi olah Oscar pejantan.

6. Jika sudah telur yang berada diatas batu ceper tersebut segera dipindah kedalam aquarium yang diberi udara (aerasi) dengan kekuatan lemah. Dalam sekali peminjahan tiap pasang pada umumnya akan menghasilkan sekitar 1000 sampai dengan 4000 telur.

7. Setelah sekitar 3 hari maka biasanya telur-telur tersebut akan menetas, namun jangan langsung dikasih makan, biarkan selama sekitar 4 hari lalu berikan makanan rotifera. Kemudian jika sudah berumur sekitar dua minggu berikan cacing rambut dan jika sudah satu bulan pindahkan kedalam bak yang lebih luas dan sudah menjadi bibit-bibit unggulan ikan Oscar.

No comments:

Post a Comment